Thursday, January 14, 2010

UAS KETEL Indra Adi Pradana

PROPOSAL MEMBUAT JARINGAN WIRELESS PERUSAHAAN
I. Pendahuluan
Perkembangan teknologi komunikasi berkembang sangat pesat sesuai meningkatnya permintaan akan kebutuhan sarana komunikasi. Pada tahap awal perkembangan teknologi komunikasi, media transmisi yang paling umum digunakan adalah kawat tembaga. Namun karena Kawat tembaga adalah fixed line (tidak mobile) dan bandwith yang sempit (sekitar 4khz) kemudian digantikan oleh komunikasi wire less menggunakan radio frequency. Sistem wireless , sebagai salah satu alternatifnya , memanfaatkan frekuensi cahaya sebagai media transmisi. Daerah panjang gelombang yang digunakan adalah pada daerah infrared sehingga dapat menyesuaikan dengan perangkat optik yang dikembangkan untuk fiber dengan harga yang murah . Sistem tersebut disebut sistem komunikasi wireless optik. Sistem komunikasi wireless optik menawarkan beberapa kelebihan diantaranya adalah kapasitas yang sangat besar, lebih murah dibandingkkan sistem wireless dengan radio frequency, dan karena menggunakan frekuensi cahaya, tidak perlu perizinan penggunaan frekuensi. Karena kelebihan tersebut, sistem ini sangat cocok untuk jaringan komunikasi privat.
Jaringan fiber optik yang merupakan pengembangan teknologi fixed line kabel tembaga, merupakan analogi yang baik bagi sistem ini. Perbedaan kedua sistem ini terletak pada jarak dan jumlah komponen yang digunakan. Jika jaringan fiber optik menggunakan serat yang panjang sehingga dapat menghubungkan stasiun komunikasi antar benua, maka sistem wireless optik hanya dipakai untuk jarak yang relatif dekat. Jika jumlah komponen (jumlah repeater dan panjang serat)pada fiber optik sangat banyak, maka pada wireless optik hanya perlu transceiver , dengan media transmisi berupa udara Berikut ini adalah contoh gambar penggunaan WLAN optical wireless system.

II. Tujuan Kegiatan

Tujuan membuat jaringan Wireless ini adalah untuk membantu sebuah perusahaan dalam memudahkan metode pengiriman dan penerimaan data.


III. Konsep Pelaksanaan

III.1. Tujuan Pelaksanaan

Secara garis besar usaha ini menginginkan sebuah perusahaan bisa dan memiliki sebuah program pengiriman dan penerimaan data dengan cara yang lebih efektif yaitu dengan menggunakan program Wireless ini, dengan program Wireless ini sebuah perusahaan akan mendapatkan hasil yang maksimal dalam melakukan sebuah kegiatan seperti pengiriman dan penerimaan data.

III.2. Konsep Pelaksanaan

Keuntungan terbesar yang dapat diambil dari sistem optical wireless adalah beam yang sangat tipis yang dapat digunakan. Sebagai hasilnya, redaman lintasan secara virtual dapat diabaikan(10db).Dengan memnggunakan beam yang lebar untuk memastikan cukup sinyal yang diterima di receiver, bahkan ketika pointing transceiver menyimpang. Skema ini dapat diterima untuk keperluan data rate yang kecil, tetapi menjadi suatu tantangan pada data rate yang lebih tinggi. Untuk mengatasi masalah ini dilakukan suatu pendekatan, menggunakan tracking system yang akan menjaga penyimpangan arah pointing kurang dari 100μrad. Dengan kemampuan seperti itu beam dengan lebar dalam kisaran miliradian dapat digunakan. Tantangan terbesar dari sistem optical wireless adalah atenuasi/redaman cuaca. Redaman cuaca sebesar 300 dB/km pada kondisi cuaca berkabut tebal seringkali ditemukan pada beberapa lokasi di seluruh dunia
IV. Sasaran Usaha
Sasaran utama dari usaha ini adalah perusahaan-perusahaan yang menggunakan pengiriman data dengan cara LAN(Local Area Network) dan WAN (Wireless Area Network).
V. Peluang Usaha
Peluang usaha dibidang ini sangat besar mengingat banyaknya perusahaan yang menggunakan teknologi pengiriman data dengan cara yang “primitive” seperti LAN.
VI. Penutup
Demikian Proposal ini kami sampaikan, agar menjadi pertimbangan supaya acara ini dapat terlaksana secara sukses dan berhasil demi mencapai kejayaan, dan semoga Tuhan YME memberkati dan memberikan kemudahan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

INDRA ADI PRADANA
064.06.028

No comments:

Post a Comment