Monday, November 2, 2009

MID TEST KEWIRAUSAHAAN TELEMATIKA


Menurut saya dilihat dari sudut pandang saya sebagai seorang wirausahawan yang mempunyai latar belakang pendidikan Tehnik Informatika saya akan membuat suatu usaha atau membuat lapangan kerja sendiri pastinya saya akan membuat suatu usaha dengan kaitannya dengan ilmu-ilmu yang sudah saya kuasai yaitu dalam bidang informasi dan teknologi.Dan disini saya akan membuat suatu usaha di bidang game yang tujuannya untuk mendapatkan profit.
Wirausaha berasal dari kata Entrepreneur adalah seseorang yang menciptakan kesejahteraan tetapi orang lain yang menemukan cara baru untuk menggunakan sumber daya, mengurangi pemborosan dan menciptakan lapangan kerja.
Langkah awal yang harus kita lakukan adalah untuk pembuatan game :
1.Memiliki pengetahuan dasar dalam penggunaan komputer
2.Memiliki pengetahuan tentang berbagai macam software pendukung dan fungsinya.
3.Memiliki pengetahuan tentang berbagai macam format file.
4.Mempunyai bakat / talenta di bidang seni khususnya.
5.Memiliki logika yang tajam
6.Mempunyai motivasi
Dalam membuat game kita harus memahami konsep dari game yang akan kita buat.Tidak mungkin kita membuat game tanpa ada konsep ibarat membabi buta.Konsep merupakan bagian yang paling penting, sebab disinilah anda menentukan game apa yang anda ingin buat , R.P.G. , Adventure , Action, atau apa?Setelah pembuatan konsep kita akan mengikuti langkah-langkah selanjutnya , tergantung dari game yang akan dibuat , game 2D sederhana, game 2D besar, game 3d sederhana, atau game 3d besar.Langkah-langkahnya adalah :
1Menentukan tema game,misalnya : tempo dulu
2. Pilih genre yang akan anda gunakan misalnya : Actions, Sport, Adventure, Puzzle, Shooting, dll.
3.Ciptakan jalan cerita games yang tidak biasa (unik).
4.Buat tantangan serta level-level, dimana semakin tinggi level maka semakin tinggi pula tantangan. Ciptakan tantangan yang menarik.
5.Buat karakter se-unik dan semenarik mungkin, sehingga dapat menarik perhatian dari para konsumen
6.Memilih grafis/desain (bentuk, latar dan warna) yang menarik dan sesuai dengan tema.
7. Ciptakan efek yang menarik di setiap kegiatan yang di lakukan oleh karakter.
8.Buat fitur-fitur yang berhubungan. Dan dengan bentuk yang unik.
9.Memilih software yang effektif dan effisien (dapat dengan mudah digunakan dan dapat menghasilkan game yg bagus) sesuai kemampuan /keahlian anda . contohnya : Macromedia Flash MX (Actionscript 1), Macromedia Flash MX 2004 (Actionscript 2), Macromedia Flash 8 (Actionscript 2), Adobe Flash CS3 (Actionscript 3) atau Adobe Flash CS4 (Actionscript 3).
10.Pilih music dan sound effek yang menarik dan sesuai dengan tema/karakter. Upayakan memilih sound yang membuat permainan semakin menarik.
11.Sebelum mempublikasikan game buatan anda, koreksi/benahi kembali apa bila terdapat kekurangan pada games anda dan pastikan bahwa game tersebut telah dikoreksi dan dapat berjalan dengan lancar.
12. Publikasi
Manfaat dari pembuatan game tersebut adalah :
1.dapat menghibur orang banyak
2.mendapatkan profit.
By : ARY SETIAWAN (065.09.103)

No comments:

Post a Comment