Monday, November 2, 2009

MID TEST : KEWIRAUSAHAAN TELEMATIKA

Sebagai seorang yang ahli dibidang informasi dan komunikasi, dituntut harus bisa bekerja dengan mandiri atau secara kelompok. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh seorang yang ahli dibidang informasi dan komunikasi, salah satunya dengan cara berwirausaha. Arti dari wirausaha adalah kita mampu untuk bisa membuka lapangan kerja sendiri dengan memanfaatkan keahlian yang kita punya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sebenarnya banyak lapangan pekerjaan yang tersedia untuk seorang yang ahli dibidang informasi dan komunikasi, hanya saja terdapat persaingan yang begitu ketat sehingga sulit untuk mendapatkannya. Dengan demikian jalan yang paling baik adalah dengan berwirausaha sendiri atau menciptakan peluang sendiri. Dengan berwirausaha sendiri kita lebih bisa menggali kemampuan kita dibidang informasi dan komunikasi. Kita juga bisa mengajak orang-orang yang mempunyai latar belakang yang sama seperti Kita untuk bekerja sama dalam berwirausaha dibidang informasi dan komunikasi. Dengan melakukan kerja sama tujuan yang ingin dicapai akan lebih mudah tercapai.

Ada beberapa alternatif yang bisa dipilih dalam berwirausaha dibidang informasi dan komunikasi, salah satunya dengan membuat games. Mengapa games ?, karena dilihat dari segi bisnis dan nilai jual, pembuatan games ini sangat menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Games termasuk hiburan yang selalu dicari oleh setiap orang dari yang muda sampai tua. Sehingga berwirausaha dalam pembuatan games tidak akan pernah mati.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam pembuatan games, yaitu :
  1. Penentuan Tema : Tema adalah hal penting dalam sebuah games, jika tema tidak ditentukan dengan baik, games tidak akan terlihat seru.
  2. Penentuan Genre : Kita pilih jenis games apa yang ingin dibuat, apakah petualangan ,olah raga, kuis, dan lain-lain.
  3. Penentuan Alur Cerita : Alur cerita sangat penting dalam pembuatan games, karna alur cerita akan menentukan level-level dari games tersebut, dan tokoh-tokoh yang terlibat dalam games. Dan yang memainkan games tersebut nantinya akan merasa tertantang ,dan tidak merasa jenuh.
  4. Penentuan Karakter : Setelah membuat alur cerita, berikutnya meimplementasikan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tersebut menjadi sebuah karakter hidup. Dalam membuat karakter harus lah sangat baik. Baik dalam hal ini adalah karakter harus jelas, seperti cara berjalan, melompat, memukul, menendang, dan lain-lain. sehingga saat dimainkan tidak terlihat kaku.
  5. Penentuan Background : Dalam menentukan background harus disesuaikan dengan tema dan alur cerita yang dibuat.
  6. Penentuan Sound Efek : Untuk sound efek sebuah games harus dibuat sesuai dengan step-step yang ada dalam games. Ada beberapa step yang harus ditentukan, yaitu sound untuk saat games dimulai, lalu penentuan backsound, dan sound untuk pergerakkan karakter itu sendiri. Banyak sound yang harus disiapkan untuk sebuah games.
  7. Penentuan Software Pendukung : Setelah data-data diatas terkumpul, hal berikutnya yang harus di lakukan adalah penyatuan semua data atau implementasi. Dalam membuat games ada banyak software pendukung, salah satunya adalah flast. Disinilah games mulai disusun sesuai alur cerita.
  8. Mempresentasikan Games : Setelah games berhasil dibuat dengan menggunakan flast, sebaiknya games di koreksi kembali sehingga tidak ada kesalahan dalam mempresentasikan nantinya. Setelah melakukan koreksi dan tidak ada kekurangan satu apapun, barulah games dapat dimainkan atau dijual kepublik.
Itulah hal-hal yang harus diperhatikan saat kita ingin berwirausaha dalam pembuatan games, sehingga games yang dibuat memiliki nilai jual yang tinggi, dan bermanfaat bagi orang banyak.

Manfaat yang dapat diambil dari kita menjadi seorang wirausaha dibidang informasi dan komunikasi adalah, Kita bisa menjadi seorang yang mandiri dan mampu bekerja dengan penuh kreatifitas dengan memanfaatkan keahliaan yang Kita miliki. Sehingga kita mampu bersaiing dalam perkembangan dunia informasi dan komunikasi yang begitu pesat pada saat ini.

Disusun oleh :
TOMMY BANDANG MAHESATAMA
06509113

No comments:

Post a Comment